Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Naimrohatun.blogspot.com -  Berikut pembahasan tentang penawaran yang meliputi pengertian penawaran, unsur-unsur yang mempengaruhi penawaran, contoh penawaran harga, contoh penawaran produk, contoh penawaran barang, dan contoh dari suatu penawaran layanan. Definisi penawaran juga disertakan.

hukum penawaran

Arti Kata Penawaran

Munculnya penawaran yang dibuat oleh produsen merupakan konsekuensi langsung dari fakta bahwa ada permintaan dari pelanggan untuk kepuasan kebutuhan mereka akan produk dan layanan. Terdapat berbagai macam unsur yang dapat berpengaruh terhadap jumlah hasil produksi yang berhasil disediakan oleh produsen kepada pelanggan.

Banyak penjual pasar akan mendekati kami dan mencoba menjual barang-barang mereka kepada kami jika kami berjalan-jalan di area tersebut. Mereka menggunakan berbagai macam strategi pemasaran untuk menarik orang ke produk mereka sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan.
Jumlah barang yang ditawarkan untuk dijual dengan harga tertentu pada titik waktu dan lokasi tertentu disebut sebagai penawaran.
Melihat Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Ketersediaan Barang dan Jasa
Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi tawaran:

a. Biaya produksi

Istilah "biaya produksi" mengacu pada setiap dan semua biaya yang dikeluarkan oleh produsen dalam proses memperoleh barang dan jasa. Jumlah biaya produksi berdampak langsung pada jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Dalam kebanyakan kasus, produsen akan mengurangi aktivitas manufaktur yang membutuhkan investasi besar untuk membatasi jumlah barang yang mereka buat. Sebagai akibat langsung dari hal ini, jumlah barang dan jasa yang dipasok berkurang.

Di sisi lain, jika biaya pembuatannya murah, produsen akan membuat barang dalam jumlah besar, yang akan menghasilkan peningkatan pasokan.

Sebagai ilustrasi, produksi sebuah mobil mewah membutuhkan modal yang besar; karenanya, jumlah barang mewah yang diproduksi dibatasi; akibatnya, ketersediaan barang mewah lebih rendah dibandingkan jenis komoditas lainnya.

b. Tingkat teknologi

Prosedur pembuatan merupakan contoh penerapan teknologi. Dalam hal produksi, kegiatan yang hanya mengandalkan tenaga manusia (disebut juga dengan teknologi sederhana) hanya mampu menghasilkan barang jadi dalam jumlah sedikit, sedangkan kegiatan produksi yang menggunakan tenaga mesin atau menggunakan teknologi canggih mampu menghasilkan barang jadi dalam jumlah besar. barang jadi.

Peningkatan penawaran merupakan efek langsung dari jumlah produksi yang lebih besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penyediaan barang dan jasa sebanding dengan tingkat teknologi yang digunakan selama proses manufaktur.

c. Biaya beberapa hal lainnya

Akibat kenaikan tajam harga minyak tanah dan bensin, serta kelangkaan bahan bakar tersebut di pasaran, banyak ibu rumah tangga yang memutuskan beralih menggunakan arang sebagai bahan bakar pengganti. Sebagai akibat langsung dari hal ini, terjadi peningkatan ketersediaan arang. Anda dapat menggunakan arang sebagai pengganti minyak tanah atau gas sebagai sumber bahan bakar.

d. tujuan perusahaan

Setiap bisnis berusaha untuk mencapai tujuan yang unik. Sebagai gambaran, ambillah korporasi milik negara semacam ini yang tujuannya tidak semata-mata untuk mencari keuntungan melainkan untuk melayani kepentingan rakyat banyak. Oleh karena itu, meskipun badan usaha milik negara mengalami kerugian, mereka tidak berencana untuk membatasi pasokannya.

Di sisi lain, mengejar keuntungan sebesar mungkin adalah tujuan utama dari perusahaan swasta. Jika perusahaan membukukan kerugian, pasokan dari sektor swasta akan turun, dan bahkan mungkin mereka akan berhenti membuat penawaran sama sekali karena mereka akan gulung tikar akibat kesulitan keuangan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran"