Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi dan Ciri-cirinya

Naimrohatun.blogspot.com - Teks laporan observasi adalah teks yang memberikan informasi tentang suatu objek atau keadaan serta hal-hal lain yang telah diamati, dieksplorasi, atau diteliti secara metodis.

Perspektif ini sejalan dengan pernyataan Kosasih (2014, p.43) bahwa laporan observasi adalah tulisan yang menyajikan informasi hasil observasi. Teks ini menyajikan temuan-temuan dari observasi dan studi metodis.

Dengan kata lain, kata-kata laporan observasi menawarkan informasi tentang subjek apa adanya, sebelum mengelompokkan dan menganalisisnya secara sistematis untuk menjelaskan sesuatu secara rinci dari sudut pandang ilmiah.

Teks Laporan Hasil Observasi 

Ciri-ciri laporan hasil observasi

1. Berisi Fakta

Contohnya:

COVID-19 telah ditetapkan sebagai darurat nasional oleh pemerintah.
Pemerintah berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan mendorong individu untuk mempraktikkan pemisahan fisik dan bekerja/belajar/berdoa jauh dari rumah mereka.
Guru diklasifikasikan menjadi tiga kelompok: mereka yang melek IT, mereka yang buta IT, dan mereka yang buta IT.
United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization Unesco melaporkan bahwa pendidikan sekitar 300 juta anak di seluruh dunia terganggu dan akses pendidikan masa depan mereka terganggu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengambil keputusan untuk menghentikan Ujian Nasional pada tahun 2020.
Selain itu, pembelajaran dilakukan di rumah.
Instruktur diminta untuk membuat rencana pembelajaran.
Di rumah, orang tua menemani anaknya belajar.
Orang tua mulai kesulitan mendampingi anaknya karena memiliki kegiatan lain yang tumpang tindih dengan acara tersebut.

2. Bersikaplah objektif

Hal ini ditunjukkan oleh kurangnya bias penulis terhadap peristiwa yang direkam. Tidak ada cakupan untuk beberapa pihak, karena tidak ada kata ganti orang pertama, meskipun ada kata ganti orang ketiga atau objek kata benda.

Contohnya:

Saat ini, dunia pendidikan dihadapkan pada sejumlah masalah yang menantang, termasuk guru yang tidak memahami kurikulum dengan baik. Validitas kurikulum sekolah 2006 untuk pembelajaran menunjukkan hal ini. Oleh karena itu, guru yang menggunakan kurikulum 2006 tidak memahami kurikulum 2013. Selain itu, Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim, memiliki visi untuk belajar mandiri di Indonesia. Hal ini membuat guru lebih cemas tentang pendidikan yang akan mereka berikan kepada anak-anak. Guru di Indonesia harus mengatasi kendala tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Ditulis secara menyeluruh dan lengkap

Laporan observasi disusun dengan sangat rinci sesuai dengan pengamatan penulis. Misalnya, laporan berisi deskripsi bagian.

Contoh:

Pertama, guru yang melek IT adalah mereka yang akrab dengan berbagai bentuk media dan penggunaan teknologi yang tepat untuk pendidikan. Kemampuan untuk memahami pencetakan, penyajian, dan teknologi akses Internet. Jelas, para profesor ini terbiasa mengajar mahasiswanya tentang penggunaan media digital. Pendidikan online bukanlah hal yang luar biasa bagi mereka.

4. Baru-baru ini/baru-baru ini

Berita, kegiatan, atau pengamatan yang dilaporkan merupakan kejadian terkini yang harus diketahui oleh pembaca.

Contohnya:

Perilaku yang dijelaskan dalam laporan observasi "Belajar di Era COVID-19" saat ini sedang terjadi.

Menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.
Makalah ini berisi informasi mengenai, antara lain, virus corona dan klasifikasi pendidik yang menggunakan media IT.

Contoh:

Kemunculan COVID-19 (Penyakit Virus Corona 2019). Pemerintah telah menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional karena virus ini menyebar begitu cepat dan menyebabkan kematian. Pemerintah berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan mendorong individu untuk mempraktikkan pemisahan fisik dan bekerja/belajar/berdoa jauh dari rumah mereka. Ini adalah situasi baru bagi masyarakat, terutama bagi guru, orang tua, dan siswa. Di sini, guru diharapkan terus menawarkan kesempatan belajar daring kepada siswa. Guru yang melek IT, guru yang buta IT, dan guru yang melek IT membentuk tiga jenis guru yang berbeda.

Posting Komentar untuk "Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi dan Ciri-cirinya"